Di jalanan, polusi udara di dalam mobil jauh lebih berbahaya dibanding di luar mobil — terutama bagi anak

Polusi udara di dalam mobil jauh lebih buruk dibanding di jalanan. (Foto dari Wikimedia Commons)
Polusi udara di dalam mobil jauh lebih buruk dibanding di jalanan. (Foto dari Wikimedia Commons)

Paparan udara beracun di dalam mobil jauh lebih tinggi dibandingkan di jalanan, dan anak-anak adalah yang paling rentan terkena resiko polusi udara yang membahayakan ini, demikian kata seorang ilmuwan asal Inggris.

“Anak-anak yang duduk di kursi belakang sangat mungkin terpapar [polusi udara] dengan tingkat berbahaya,” kata Profesor Sir David King, mantan penasihat utama pemerintah Inggris di bidang sains. “Mobil yang Anda kendarai mungkin bersih, tapi anak-anak Anda duduk di dalam kotak yang mengumpulkan gas-gas beracun dari kendaraan-kendaraan lain di sekitar Anda.”

Polusi udara diketahui dapat merusak fungsi paru-paru anak yang sedang dalam masa perkembangan – dan dapat menyebabkan asma dan gangguan-gangguan pernafasan lainnya ketika anak tumbuh besar. Hasil penelitian menunjukkan polusi udara juga dapat mengurangi kemampuan anak menyerap pelajaran di sekolah, dan dapat merusak DNA mereka.

Profesor Stephen Holgate, ahli asma di Universitas Southampton dan ketua kelompok kerja bidang polusi udara di Royal College of Physicians di Inggris mengatakan tingkat polusi udara di dalam mobil dapat mencapai 12 kali lebih buruk dibanding di luar mobil.

“Anak-anak duduk di bagian belakang mobil, dan seringkali kipas anginnya menyala, menghirup buangan gas yang baru saja keluar dari mobil lain atau truk di depan mereka, langsung masuk ke bagian belakang kendaraan,” katanya.

Holgate dan King menyarankan orangtua untuk beralih ke jalan kaki dan bersepeda untuk mengurangi paparan polusi udara pada anak-anak.

King, yang kini menjabat sebagai penasihat di British Lung Foundation, menyampaikan peringatannya setelah pemerintah Britania Raya menghadapi kekalahan gugatan hukum untuk ketiga kalinya karena kegagalan dalam mengatasi permasalahan polusi udara di Inggris yang telah melampaui kadar yang diperbolehkan.

Sumber: The Guardian.

Komentar