Facebook Luncurkan Drone Bertenaga Surya

(Sumber foto: Facebook).
(Sumber foto: Facebook)

Facebook pada hari Kamis (21/07, Jumat waktu Indonesia) mengumumkan keberhasilan menerbangkan drone bertenaga surya milik jejaring sosial tersebut untuk pertama kalinya. Facebook mengatakan pesawat tanpa awak yang diberi nama Aquila tersebut akan membantunya menjangkau lokasi-lokasi terpencil di berbagai belahan dunia.

Tes terbang dilakukan di Yuma, Arizona di Amerika Serikat pada tanggal 28 Juni – dua tahun semenjak dimulainya perakitan pesawat tanpa awak tersebut.

“Awalnya misi kami adalah untuk menerbangkan Aquila selama 30 menit, tetapi ternyata tes berjalan dengan sangat baik sehingga kami memutuskan untuk terus menerbangkan pesawat hingga 96 menit,” pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan di laman Facebook-nya pada hari Kamis (Jumat waktu Indonesia).

Akan tetapi ia menambahkan bahwa banyak yang masih harus dikerjakan. Facebook ingin mengoperasikan bukan hanya satu, tetapi satu armada Aquila yang dapat terbang bersama-sama di ketinggian 60.000 kaki (18.300 km) – serta dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan teknologi laser dan dapat tetap berada di ketinggian tersebut selama berbulan-bulan pada sekali jalan. Tidak pernah ada yang melakukan hal seperti ini sebelumnya.

 

Komentar