Skotlandia luncurkan proyek energi gelombang laut terbesar di dunia

Turbin yang diluncurkan untuk pembangkit listrik tenaga gelombang laut di lepas pantai utara Skotlandia. (Foto 'screenshot' dari The Guardian)
Turbin yang diluncurkan untuk pembangkit listrik tenaga gelombang laut di lepas pantai utara Skotlandia. (Foto ‘screenshot’ dari The Guardian)

Skotlandia, negara bagian sebelah utara Inggris Raya, baru-baru ini meluncurkan proyek tenaga gelombang laut berskala besar pertama di dunia – yang dianggap sebagai pencapaian penting dalam bidang energi terbarukan.

Peluncuran dihadiri oleh Menteri Utama Skotlandia Nicola Sturgeon, yang memamerkan turbin setinggi 15 meter dengan bilah berdiameter 16 meter, dengan berat mencapai hampir 200 ton. Turbin tersebut akan dibawa menuju lokasi proyek tenaga gelombang laut MeyGen di selat Pentland Firth, di lepas pantai utara Skotlandia – dan akan bekerja dengan mengubah energi dar gelombang laut menjadi listrik.

Akan ada tiga turbin lainnya yang akan ditanam di bawah permukaan air laut, masing-masing dengan kapasitas sebesar 1,5 megawatt – sebagai bagian dari tahap pertama proyek tersebut.

Atlantis Resources, pelaksana proyek yang bermarkas di Edinburgh, Skotlandia, berharap nantinya proyek ini akan terus berkembang hingga memiliki 269 turbin dengan kapasitas total 398 MW, yang akan dapat mengalirkan listrik ke 175.000 rumah tangga. Proyek MeyGen mendapat pendanaan sebesar 23 juta poundsterling (Rp 400 milyar) dari pemerintah Skotlandia.

“Peluncuran resmi proyek energi gelombang laut terbesar di dunia ini merupakan momen yang penting dalam pengembangan komersial energi kelautan,” Maf Smith, wakil chief executive kelompok lobi RenewableUK, mengomentari proyek tersebut.

Sumber: The Guardian.

 

Komentar